Fenomena Clash Of Clan (COC)



 Beberapa bulan terakhir ini, ada game yang sedang hits dikalangan pengguna Gadget dan smartphone, yaitu Clash of Clan atau biasa disebut COC. Sebetulnya masih banyak lagi game-game yang bisa dimainkan secara gratis di smartphone, COC sendiri sudah diciptakan dua tahun yang lalu, tapi baru happening baru-baru ini. Nge-hits-nya COC bisa dikatakan sebagai kelahiran budaya baru “Digital Social Gaming” yang menggantikan kepopuleran game konvensional seperti Nintendo, PlayStation, X-Box dan sebagainya. Hal itu disebabkan maraknya game yang bisa diakses kapan saja, dan dimana saja hanya dengan bermodalkan smartphone.

Ramainya fenomena game COC sudah merambah ke semua kalangan yang dampaknya bisa menyebabkan kecanduan, tak terbatas tingkat usia dan jenis kelamin. Dampak yang paling mendasar dari bermain game adalah kecanduan, yakni berupa perilaku adiksi atau ketergantungan, karena mengharuskan pemainnya untuk memainkan permainan itu secara terus menerus setiap hari agar memperoleh kemajuan. Selain kecanduan, banyak bahaya yang bisa disebabkan dari bermain game COC secara berlebihan.

1.    False Succes Feeling
Dari beberapa game online yang ada saat ini, terutama yang menerapkan system daily maintenance mengharuskan orang untuk memainkannya setiap hari.  Game online semacam COC, tidak mempunyai kata tamat. Ketika seseorang telah sampai pada titik puncak, developer selalu melakukan update untuk misi berikutnya. Begitu seterusnya sehingga orang yang bermain game tersebut akan berpikir bahwa kesuksesan yang sebenarnya itu tidak pernah ada. Hal itu lah yang dinamakan sebagai sukses palsu. Ketika kita mengejar target tertentu, setelahnya akan disuguhkan target-target berikutnya, dan begitu seterusnya.

2.    Losing Time Control
Hal ini merupakan salah satu hal berbahaya dalam Game Online dengan sistem Daily Playing Maintenance (DPM). Para pelaku pemain game cenderung kehilangan kontrol atas waktunya sendiri karena pemainnya yang diatur oleh game. Game itulah yang mematok jadwal kapan kita harus online. Terlalu sering bermain game menyebabkan kecanduan dan tanpa sadar kita ‘dikontrol’ untuk harus online pada waktu-waktu tertentu. Dengan kata lain dengan terus menerus memainkan game tersebut, justru game tersebutlah yang memainkan dan mengontrol kehidupan kita.

3.    Mixing Reality & Virtuality
Terlalu sering memainkan sebuah game online, tentu berpengaruh pada pola pikir orang yang memainkan hal itu. Pola pikir yang cenderung ‘dikawinkan’ dengan kehidupan didalam game merupakan sebuah hal yang berbahaya. Seseorang cenderung kesulitan membedakan mana dunia nyata dan dunia maya.
Dalam dunia game, seseorang hanyalah sebatas user dan tidak lebih dari itu. Tapi seringkali sesorang menganggapnya seperti dunia nyata dan sebuah kekalahan dianggap seperti kekalahan nyata yang mempertaruhkan harga diri. Kebanyakan gamer muda, mereka cenderung mengisolasi diri dan mengurangi kepekaan mereka terhadap lingkungan sekitar.
Para gamers cenderung lebih asyik bersosialisasi secara virtual dengan clan-clan dalam game. Seperti halnya sosial media, game online juga mempengaruhi penurunan Kecerdasan Emosi (EQ) secara mendalam bagi para penggunanya. Para gamers muda cenderung kehilangan kemampuan berosialisasi, berinteraksi, dan berkomunikasi secara verbal maupun emosional terhadap lingkungan “real”.
4.    Instant Reward Mentality
Dalam perkembangan teknologi dan informasi saat ini, cenderung mengubah segala hal termasuk mindset masyarakat. Segala sesuatunya diukur dengan statistik dan angka. Dalam game, apa yang kita kerjakan pasti akan terlihat hasilnya. Misalnya kita membeli gem senilai satu juta, akan langsung kelihatan hasilnya. Namun hal itu berbeda dengan apa yang terjadi dalam kehidupan nyata. Berinvestasi dengan uang satu juta, tentu tidak dapat langsung dilihat dan dinikmati hasilnya, belum lagi kemungkinan  kerugian?

5.    Instant Finish Mentality
Dalam COC sistemnya adalah menggunakan “gem” atau uang secara virtual. Untuk memperoleh ‘uang’ dalam nilai tertentu, dibutuhkan usaha-usaha atau upgrading yang semuanya membutuhkan kesabaran. Bagi pemain game yang tidak sabar, mereka bisa melakukan jalan pintas yaitu dengan mengeluarkan uang (nyata) untuk membeli ‘gem’ tersebut, dan ‘gem’ itu dapat dimiliki tanpa harus menunggu waktu upgrade yang cukup lama.
Bagi orang yang tidak membeli dan sabar, mampu menahan diri, setia dengan proses, akan mengalami kekalahan dan dibilang cupu.  Artinya, orang yang mempunyai modal banyak, akan memenangi game tersebut dan menempati posisi teratas.  Akan tetapi hal itu tidak bisa kamu temukan dalam kehidupan nyata. Untuk memulai sebuah usaha, di dunia nyata orang harus sabar dan taat pada proses. Mentalitas mencari jalan pintas tersebut yang akan mempengaruhi mindaset seseorang yang telah tercandu game online tersebut.

Meskipun begitu, tidak semua dampak dari game online adalah negatif. Bagi orang-orang yang sabar dan taat pada proses akan meningkatkan kesabaran dan mentalitas positif. Selain itu, orang terdorong untuk bertindak kreatif, menemukan problem solving  dan sebagainya. 
Tag : lifestyle
3 Komentar untuk "Fenomena Clash Of Clan (COC)"

,KISAH NYATA ,
Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini,
sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa,
mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya,
akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta ,
saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma,
istri saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk,
demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya,
Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya stelah bergabung dengan KI WONGSO hidupnya kembali sukses,
awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya,
saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI WONGSO di No +62852-9958-5055.
Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya,
akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
kini saya kembali sukses terimaksih KI WONGSO saya tidak akan melupakan jasa AKI. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT,
YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH SILAHKAN HUB KI WONGSO DI +62852-9958-5055. (TANPA TUMBAL/AMAN).

ZEUSBOLA

SEGERA CLAIM BONUS ANDA UNTUK PENGGUNA BARU :
BONUS NEW MEMBER
BONUS CASHBACK
BONUS REWARD
DLL

HADIAH UNTUK PEMENANG DARI ZEUSBOLA BERUPA IPHONE 11 PRO MAX

DEPOSIT MURAH
AMAN DAN TERPERCAYA
DEPOSIT PULSA
DEPOSIT BANK

UNTUK LEBIH LANJUT SILAHKAN HUBUNGI KAMI DI :
WHATSAPP :+62 822-7710-4607
TELEGRAM :Zeusbola
LINE : zeusbola
INSTAGRAM :zeusbola.official


Back To Top