Peluang Bisnis Rumahan Bagi Ibu Rumah Tangga


 Saat ini, banyak jenis-jenis pekerjaan yang bisa di lakukan di rumah. Bagi ibu rumah tangga yang tidak bekerja kantoran, biasanya memilih untuk menjalankan bisnis lain untuk menambah penghasilan keluarga. Ibu-ibu rumah tangga yang memilih untuk tidak bekerja di kantor mempunyai alasan yang bermacam-macam, mulai dari tidak diizinkan suami, keterbatasan waktu untuk mengurus anak, dan sebagainya. Bekerja sebagai ibu rumah tangga bukan berarti harus berdiam diri saja, melainkan harus kreatif mencari penghasilan sampingan yang bisa dikerjakan didalam rumah.


 Sebenarnya banyak cerita  ibu-ibu yang mencapai kesuksesannya melebihi suaminya atau laki-laki yang lain. Semua bisa ditentukan dengan jenis bisnis yang dijalankan, sesuai dengan passion dan bersungguh-sungguh. Bagi ibu-ibu rumah tangga yang menginginkan penghasilan tambahan bisa memilih banyak alternatif usaha yang bisa dilakukan di rumah sekaligus merawat anak sekalipun.  Apa saja usaha yang bisa dilakukan ibu-ibu  tersebut:

Bisnis Produksi Makanan

Untuk mengawali bisnis ini, tentunya bukan hal sulit untuk dilakukan karena perihal masak-memasak adalah kemampuan kaum para ibu rumah tangga. Jenis makanan yang menjadi ide bisnis pun bisa ditentukan apakah makanan ringan, camilan, atau makanan berat atau makanan pokok. Untuk makanan ringan, bisa saja memproduksi kue-kue kecil yang bisa dikerjakan sendiri di rumah kemudian dijual dalam bentuk kemasan. Bagi yang gemar memasak kue, hobi tersebut bisa dijadikan usaha yang menjanjikan, tergantung kreatifitas dan pamasaran yang baik.

Apabila makanan yang dijadikan ide bisnis adalah makanan pokok, atau makan besar tentunya harus menyediakan variasi menu yang beragam serta menyediakan jasa antar jemput langsung ke konsumen. Target pasarnya pun bermacam-macam, bisa untuk konsumen personal rumah tangga atau bisa saja untuk acara-acara ulang tahun,pernikahan, dan sebagainya. Untuk acara besar, tentunya membutuhkan tenaga dan modal yang ekstra. Alangkah baiknya dimulai untuk skala kecil terlebih dahulu.

Jual Beli Online

Menjalankan bisnis online, merupakan usaha yang mudah dan bisa dijalankan dari rumah. Eksekusinya juga cukup mudah, hanya bermodal leptop atau gadget dan jaringan internet para ibu-ibu rumah tangga sudah bisa menjalankan bisnis ini. Jenis barang yang diperjual belikan juga bermacam-macam, seperti busana muslimah, dompet, kerudung, aneka kosmetik dan sebagainya. Bisnis-bisnis online semacam itu kini semakin banyak diminati para konsumen yang enggan ribet datang ke toko baju. Bagi ibu-ibu rumah tangga yang tidak memiliki modal cukup untuk memulai bisnis ini, bisa menjadi reseller.

Designer  atau Perancang Busana

Bisnis yang satu ini bisa saja dikerjakan di rumah, tentunya dengan syarat harus memiliki keahlian menggambar, alangkah lebih baik lagi apabila didukung dengan kemampuan mengoperasikan software design seperti corel draw dan photoshop. Sebut saja design busana, anda bisa memulainya dengan mendesign busana bagi anak-anak dan kerabat dekat anda dengan unik dan menarik. Setelah mendapat respons yang positif dari relasi anda, anda bisa mengkomersilkan desain tersebut menjadi sebuah bisnis yang ditekuni. Anda tidak harus membuat design yang sesuai dengan trend, tetapi design yang penuh inovasi dan kreatifitas.

Kerajinan

Saat ini sudah banyak yang mencoba menjalankan bisnis ini dan menuai keberhasilan. Bisnis kerajinan ini tidak membutuhkan modal yang besar, hanya saja membutuhkan keterampilan, ketekunan dan kreatifitas. Barang kerajinan yang diproduksi bisa saja berupa tas, topi, gantungan kunci, bross dan sebagainya. Ide-ide kreatif dibutuhkan dalam bisnis ini untuk menciptakan barang baru dan unik untuk menarik konsumen kerena
konsumen cenderung tidak akan membeli barang-barang kerajinan yang sebelumnya sudah ada. Lebih unik lagi, bisa saja menggunakan bahan-bahan bekas yang tidak terpakai.  Untuk pemasarannya bisa saja menggunakan sosial media atau website sehingga produk anda bisa dikenal oleh banyaki orang.

Laundry

Bagi ibu-ibu rumah tangga yang tinggal di pemukiman padat penduduk dan  sibuk, misalnya lingkungan kampus atau sekolahan, atau perkantoran, membuka laundry merupakan sebuah peluang usaha yang bisa dicoba. Saat ini orang-orang cenderung memilih menggunakan jasa laundry. Untuk menjalankan bisnis ini, hanya dibutuhkan satu buah mesin cuci dan setrika, anda bisa menjalankan bisnis ini sendiri ataupun dengan membayar karyawan. Hal yang harus diperhatikan saat menjalankan bisnis ini adalah dengan memberikan pilihan pewangi, tidak mencampur pakaian konsumen, dan cuci dan setrika kilat, dan berbagai inovasi lainnya.


Dari berbagai jenis usaha yang disebutkan di atas, tentunya masih banyak lagi usaha-usaha yang bisa dilakukan ibu rumah tangga di rumah. Menjalankan bisnis sebagai ibu rumah tangga,  kebutuhan ekonomi memang merupakan hal yang penting, namun tugas sebagai ibu rumah tangga juga merupakan sebuah tanggungjawab yang sangat besar. Karenanya, pilihlah sebuah bisnis rumahan yang bisa dikerjakan tanpa mengorbankan tanggung jawab Anda sebagai seorang ibu rumah tangga.
Tag : bisnis
0 Komentar untuk "Peluang Bisnis Rumahan Bagi Ibu Rumah Tangga"

Back To Top