Mendaki Gunung Untuk Melepas Penat? Kenapa tidak!




 Setelah sekian lama menghabiskan waktu dibelakang meja kantor, atau dilanda jam kuliah yang begitu padat, membuat kamu jarang bergerak dan berakitifitas, pikiran kamu juga akan jenuh dan bosan.  Banyak hal yang bisa kamu lakukan agar otot-otot tubuh kamu senantiasa bergerak dan mengalami regenerasi. Jogging setiap pagi atau setidaknya minimal seminggu sekali bisa menjadi pilihan yang baik. Bagi kamu yang menyukai olahraga tidak biasa, kamu bisa melakukan perjalanan mendaki gunung



 Dengan mendaki gunung, otot-otot tubuh kamu akan kembali bekerja, paru-paru kamu akan di refresh dengan udara segar khas pegunungan. Pikiran menjadi lebih segar, dan badan menjadi lebih sehat. Meskipun begitu banyak yang harus kamu pertimbangkan sebelum naik gunung. Banyak hal yang harus kamu pertimbangkan mulai dari fisik, mental, hingga peralatan yang harus kamu bawa dalam perjalanan mencapai puncak.

 Di indonesia, perjalanan mendaki gunung sudah menjadi trend anak muda. Tidak ada salahnya kamu melakukan perjalanan mendaki gunung setidaknya sekali seumur hidupmu. Banyak gunung yang menyajikan pemandangan yang luar biasa.  Tentunya dengan perjuangan untuk mencapai puncak-puncak tersebut. 

Tidak jauh-jauh dari Jakarta, Gunung Papandayan bisa menjadi pilihan. 

Bagi kamu yang tinggal di Jakarta,  saat mulai penat dengan kesibukan aktivitas ibu kota, gunung Papandayan bisa kamu pilih untuk sekedar melepas penat. Gunung Papandayan mempunyai puncak tertinggi 2665 terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat sehingga tidak terlalu jauh dari Jakarta.  Perjalanan ditempuh dengan melewati kawah yang berada sekitar 5 menit dari parkiran kendaraan. Camping Ground  yang tersedia di Papandayan diantaranya di Pondok Salada,  Tegal Alun, dan di Hutan Mati.

Selain Papandayan, ada lagi Gunung Gede Pangrango di Bogor yang tak dekat dari ibu kota

 Gunung Gede dan Pangrango merupakan dua gunung yang dulunya dalam kawasan Taman Nasional Gede dan Pangrango, yang menjadi favorit pendaki dari wilayah Jakarta dan Jawa Barat. Ada tiga jalur yang bisa dilalui untuk mencapai puncak Gunung Gede dan Pangrango, diantaranya jalur Gunung Putri, Cibodas, dan Selabintana. Mendaki gunung Gede dan Pangrango, kamu akan melewati hutan tropis yang lebat, kemudian sabana yang menghampar luas sampai dikedua puncaknya. 

Di Tanah Para Dewa, Dieng punya Gunung Prau untuk wisata pendakianmu. 

 Gunung Prau merupakan Gunung yang menjadi trending topik dalam kurun satu-dua tahun terakhir. Bagi kamu yang ingin mendaki Gunung Prau, kamu bisa menuju terminal Wonosobo, dari situ banyak bus yang akan membawamu ke komplek wisata dataran tinggi Dieng. Ada dua jalur bisa kamu pilih, yaitu desa Patak Banteng dan Dieng Kulon. Gunung prau mempunyai ketinggian 2665 mdpl dengan puncak berupa camping ground menghadap gunung Sumbing dan Sindoro. Sunrise di Gunung Prau di Klaim sebagai Spot Sunrise terbaik ke empat di Asia Tenggara.

Gunung Merapi, gunung paling aktif di dunia juga bisa kamu daki, bersama teman-teman

 Gunung Merapi juga merupakan gunung yang menjadi favorit pendakian di Jawa Tengah. Untuk mencapai puncaknya, kamu bisa melewati Kecamatan Selo, Boyolali. Perjalanan bisa kamu tempuh kurang lebih 5 jam untuk sampai di Pasar Bubrah. Kalau tidak salah, kamu hanya diijinkan mendaki hingga Pasar Bubrah, untuk selebihnya tidak direkomendasikan. Waktu pendakian yang relatif singkat, dan pemandangan yang indah, membuat gunung merapi banyak dikunjungi pendaki dari dalam dan luar negeri.  

Menapaki jejak Soe Hok Gie di Ranu Kumbolo dan Mahameru

 Siapa yang tidak tahu Gunung Semeru? Gunung semeru semakin ngehits semenjak dirilisnya film 5cm. Gunung Semeru merupakan gunung yang terletak di dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dengan puncak tertingginya 3676 mdpl. Untuk mencapai puncaknya kamu bisa memulainya dari Tumpang kemudian naik jeep sampai ke desa Ranu Pani. Desa Ranu Pani merupakan desa terakhir sebelum kamu menempuh perjalanan. Kamu bisa menikmati keindahan Ranu Kumbolo, Oro-oro ombo hingga menginjakkan kaki di tanah tertinggi di Pulau Jawa, Mahameru.

Gunung api tertinggi kedua di Indonesia, menyajikan pemandangan yang memukai, yes, Rinjani!

 Gunung Rinjani merupakan gunung api besar yang berada di kawasan Pulau Lombok. Gunung Rinjani merupakan gunung berapi tertinggi di Indonesia. Mendaki puncak Gunung Rinjani bisa menjadi pengalamanmu yang tak terlupakan. Puncaknya? Ada segara anakan yang sangat menabjukan dan kita bisa memancing ikan di sana. Mendaki ke puncak Gunung Rinjani memang tidak mudah, tapi sepadan dengan pemandangan dan pengalaman yang kamu peroleh nantinya.  Pemandangannya  Untuk mencapai Puncak semeru dan segara anakan, kamu bisa memilih jalur Sembalun dan Senaru.

Beberapa gunung di atas bisa menjadi pilihan untuk melepas penat setelah seibuk bekerja/kuliah sekian lama. Asalkan, kamu mempersiapkan dengan baik dan tentunya tidak merusak kelestarian alam saat mendaki gunung. Tidak merusak tanaman, membunuh binatang dan meninggalkan sampah.

Tag : Pariwisata
0 Komentar untuk "Mendaki Gunung Untuk Melepas Penat? Kenapa tidak!"

Back To Top