Mengintip Bisnis Startup Di Indonesia


Belakangan ini mulai menjamur bisnis –bisnis kecil di Indonesia khususnya yang berbasis pada teknologi dan informasi. Bisnis semacam itu  biasanya dikenal dengan istilah teknopreneurship. dalam ketegori pemula, atau perusahaan yang sedang dalam tahap pengembangan, bisnis tersebut dikenal dengan istilah startup. Startup secara definitif diartikan sebagai perusahaan yang sedang dikembangkan,  seiring perkembangannya seringkali dilabelkan pada perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi.


 Perusahaan yang dikategorikan sebagai startup biasanya mempunyai kriteria tertentu, selain masih dalam tahap pengembangan, perusahaan startup ini sedang dalam menentukan pangsa pasar yang pas. Usia perusahaan yang relatif masih ‘muda’, yakni berkisar di bawah 3 tahun dengan pegawai kurang dari 20 orang, serta dengan pendapatan kurang dari $100.000 per tahun.

Pengguna internet yang semakin meningkat

 Seiring perkembangan internet di Indonesia, membuka peluang perusahaan-perusahaan startup untuk semakin mengepakkan sayapnya. Pengguna internet di Indonesia yang kini mencapai lebih dari 90 juta orang, menjadi pondasi yang kuat bagi pengembangan industri digital. Daya beli masyarakat yang meningkat seiring dengan naiknya pendapatan perkapita masyarakat, menjadi hal yang bisa dipertimbangkan bagi perkembangan perusahaan startup di Indonesia.

 Di indonesia saat ini, sudah banyak perusahaan startup yang mencapai kesuksesan, sebut saja Kaskus.co.id, Malesbanget.com, Traveloka.com, Blibli.com dan masih banyak lainnya. Perusahaan startup dikategorikan menjadi tiga jenis yakni pencipta game dan aplikasi, penyedia informasi dan edukasi, serta e-commerce. Dari ketiga jenis startup tersebut, masing-masing mempunyai potensi pasar yang berbeda-beda.

 Meningkatnya penggunaan smartphone dan android, merupakan peluang besar bagi startup pencipta game dan aplikasi, khususnya android karena menerapkan system open source. Begitupula bagi startup penyedia jasa informasi dan edukasi, orang-orang modern cendrung memilih jalan singkat untuk mengakses informasi yang kemudian mengacu pada e-paper. Setiap hari, orang-orang mengakses berita dan berbagai informasi dari internet. Belum lagi berbagai forum-forum diskusi online di internet.

E-Commerce sebagai kebutuhan masyarakat

 Masyarakat masa kini, cenderung lebih suka melakukan hal-hal yang simple dan tidak ribet. Seiring berkembangnya teknologi yang mengubah segala hal menjadi e-world, semakin membuka peluang bisnis startup di indonesia, khususnya e-commerce. Sebut saja portal jual beli online yang semakin hari semakin berkembang pesat, mulai dari olx.com yang mempertemukan penjual dan pembeli secara online, hingga toko online seperti lazada.com dan blibli.com yang menawarkan transaksi jual beli kebutuhan sehari-hari dengan mudah. Transaksinya pun juga sangat mudah dengan sistem transfer maupun cash on delivery.
Kemudahan-kemudahan seperti itu, sepertinya akan berpeluang besar menguasai pasar di Indonesia. orang-orang tidak lagi dipaksa pergi ke toko, memilih barang, membayar secara cash dan kemudian mengangkut barang sendiri ke rumah.

 Dengan adanya berbagai portal jual beli online, semakin mempermudah kehidupan masyarakat, hal itu tentuya juga didukung banyak hal seperti e-payment dan sebagainya. Meniru berbegai perusahaan seperti di atas yang kini telah meraih kesuksesan, sepertinya bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat untuk menjalankan bisnis e-commerce. Pemerintah saat ini juga menerapkan e-system seperti e-payment gateway dan e-budgeting yang sudah diterapkan di berbagai daerah.

Dibutuhkan Ide Kreatif dan Inovatif

 Untuk mengembangkan bisnis startup, hal yang paling dibutuhkan adalah ide-ide baru yang kreatif dan inovatif, untuk melahirkan hal-hal itu seharusnya didukung oleh tim yang solid. Dengan ide dan sasaran pasar yang tepat,para pelaku bisnis teknopreneur tidak akan mengalami kesulitan untuk menarik minat pasar maupun investor. Membuat sebuah bisnis yang belum ada sebelumnya bukanlah hal yang mudah.


Dari sekian banyak startup yang sukses di indonesia, seharusnya menjadi perangsang bagi para pelaku bisnis untuk merintis dan mengeksekusi usaha yang ‘baru’ di indonesia mengingat potensi dan pasar yang begitu besar di Indonesia. 
Tag : bisnis
3 Komentar untuk "Mengintip Bisnis Startup Di Indonesia"

,KISAH NYATA ,
Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini,
sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa,
mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya,
akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta ,
saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma,
istri saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk,
demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya,
Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya stelah bergabung dengan KI WONGSO hidupnya kembali sukses,
awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya,
saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI WONGSO di No +62852-9958-5055.
Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya,
akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
kini saya kembali sukses terimaksih KI WONGSO saya tidak akan melupakan jasa AKI. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT,
YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH SILAHKAN HUB KI WONGSO DI +62852-9958-5055. (TANPA TUMBAL/AMAN).

thank nice infonya sangat membantu, silahkan kunjungi website kami http://bit.ly/2D2nTUD

Back To Top