Mencuri Strategi Suksesnya Penjualan Xiomi

Belum lama ini dunia gadget digemparkan laris manisnya penjualan smartphone Xiomi. Produk dari negeri "Tirai Bambu" itu mampu menjual 5000 unit dalam kurung waktu 8 menit. Xiomi menjadi sangat popular di Tiongkok mengalahkan penujalan smartphone raksasa Samsung. Bahkan, Xiomi mampu merebut posisi ke-5 brand smartphone pasar dunia. Meski Xiomi pendatang baru, tapi ia mampu menyingkirkan brand lawas semisal LG, Sony atau semacamnya.


Bagaimana sebenarnya strategi pemasaran yang diterapkan Xiomi sehingga bisa sedemikian rupa? Dapatkah kita mencuri strateginya untuk menjalankan usaha dan bisnis kita? Berikut adalah beberapa analisisnya.

Kuasai opini publik terlebih dahulu sebelum produk diterjunkan kepasaran

Opini publik yang dibangun adalah, Xiomi merupakan “Applenya orang Tiongkok”, artinya dengan fitur dan teknologi yang sama-sama berkualitas, orang Tiongkok bisa membeli smartphone canggih seperti apple dengan harga sepertiga harga Apple.Propaganda Xiomi yang sedikit mendramatisir produknya adalah strategi untuk menarik perhatian publik. Sehingga sebelum dilaunching sudah ada calon konsumen yang mengantri, bahkan membentuk euforia.

Tekan biaya iklan semaksimal mungkin, sehingga harga produk tetap terjangkau

Srtategi yang dilakukan Xiomi, yaitu menggunakan viralitas sosial media. Kejeniusan Lin Bin, CEO Xiomi dalam mencari celah memasarkan produknya dengan budget yang minim. Ia tidak memasarkan produknya lewat gerai atau toko tapi hanya lewat dunia maya, terutama sosial media. Dengan mengemasnya dengan konten dan tampilan berbeda, membuat orang tertarik dan dengan rela menshare info itu kepada teman sejawatnya. Lin pada promosi awalnya memposting foto-foto produknya di sosial media. Alhasil dalam waktu kurang dari 10 menit ada sekitar 2 juta akun jejaring sosial yang membagikan foto-foto tersebut. fenomena ini diklaim atas terjualnya 150 xiomi.

Biarkan publik lapar, sementara kita sediakan makanan terbatas
Hunger marketing atau pemasaran lapar adalah skenario agar produk yang dihasilkan diburu dipasar secara esklusif karena kelangkaan. Tepat, disaat publik memburu Xiomi, justru produk xiomi dibuat terbatas (limited) dipasaran, sehingga publik akan ribut, berebut dan membicarakan Xiomi semakin luas. Karena mereka semakin penasaran. 

Berjualan tidak lagi membutuhkan gerai atau toko offline, tapi lewat internet semuanya menjadi sangat terjangkau

Kalau dulu kita ingin berjualan harus memiliki toko atau lapak secara fisik, tapi sekarang lewat didunia maya kita disediakan lapak secara gratis. Iya,  Xiomi tidak memiliki toko offline semua penjualan produknya lewat situs resminya. Sehingga Xiomi tidak perlu mengeluarkan uang untuk sewa toko dan menggaji pegawainya. Hanya saja mengeluarkan dana untuk biaya pengiriman untuk sampai ke tangan konsumen, dan itu lebih terjangkau.

Ciptakan ruang khusus tentang seluk beluk produk yang kita jual, biarkanlah setiap orang dapat sharing dan mengomentari secara bebas disana.

Dalam menjaga produk dan layanan penjualan yang baik, kita perlu mengetahui apa yang dirasakan oleh konsumen dilapangan. Baik itu kesan baik maupun buruk. Sehingga dari sana kita dapat mengambil sisi positif dari setiap obrolan. Iya, semacam itu semacam forum sendiri, forum Xiomi. Forum tersebut sekarang memiliki anggota sekitar 28 juta anggota, dimana setiap anggota dapat mengakses informasi apa saja terkait dengan produk Xiomi maupun memberikan informasi baru kepada anggota yang lain. Forum itu, Selain menjadi forus diskusi, juga dapat dijadikan medium penjualan produk baru yang lebih efektif.

Nah, dari empat hal diatas, kita dapat mengambil inspirasi strategi marketing untuk dijadikan ajang promosi produk kita, kita juga bisa bejualan dan meraup keuntungan sebesar mungkin dengan menekan pengeluaran iklan serendah mungkin. Disitulah perkembangan teknologi informasi harus di manfaatkan sebaik mungkin dengan imbangi nalar kritis. Sehingga kita dapat mengambil peluang dari sebuah kemajuan jaman. Kita lantas tidak melulu menjadi konsumen yang labil mengikuti zaman.

   













Tag : tekno
0 Komentar untuk "Mencuri Strategi Suksesnya Penjualan Xiomi"

Back To Top