Hijab hari ini tidak hanya sekedar menutup aurat,
lebih dari itu, hijab juga menjadi penyempurna kecantikan muslimah yang
mengenakannya. Hijab tidak hanya busana muslimah tapi sudah menjadi kebutuhan
untuk tampil ke publik. Mereka mulai berkreasi menampilkan gaya hijab secara
kreatif, beda, trendy dan tentunya tetap syar’i.
Belum
lama ini, Indonesia Fashion Week (IFW) 2015 digelar selama empat hari. Sebuah
ajang pameran dan peragaan busana terbaru dan menarik. Para pengunjung separuh lebih mengenakan
hijab dengan gaya yang beragam. Mulai dari kaftan yang bernuansa timur tengah
hingga maskulin andogrini. Mulai dari warna yang berwana-wari sampai monokrom
teduh. (Kompas. 8/3/2015).
Dalam
perhelatan mode IFW 2015 mode hijab menjadi fokus arus utama. Zona pameran
menempatkan gerai khusus busana muslim mencakup 160 gerai, itu sepadan dengan
sepertiga dari total gerai yang disediakan. Ini membuktikan bahwa perkembangan
fashion muslim mulai beranjak naik dan semakin diminati.
Beberapa
tahun terakhir, muncul desainer-desainer muda busana muslim kreatif. Mereka
membuktikan kemampuannya untuk mengekplorasi variasi gaya berhijab. Menggabungkan
antara yang klasik dengan sesuatu yang trendy hari ini.
Saat
ini Indonesia tercatat sebagai Negara dengan perkembangan fashion muslim yang
cukup besar. Banyak hijabers muda yang berprestasi dikancah internasional,
sehingga mereka dengan sendirinya turut andil menginspirasi muslimah dunia,
baik tentang mode berhijab maupun cara membawakannya.
Kiblat
Fashion Muslim Dunia
Hasil
mesin pencarian google.co.id pada 10 Maret 2014 menemukan 120.980 viwer dengan kata kunci model baju
muslim. Angka itu menunjukkan bahwa fashion muslim hari ini sedang diburu dan diminati. Bahkan sejak tahun 2012 Indonesia sudah mulai mendedikasikan diri
sebagai kiblat fashion muslim dunia. Terbukti dengan pagelaran-pagelaran maupun
seminar yang digalakkan. Contoh saja, ajang The World Muslimah Beauty 2012 & The 3rd Muslim World BIZ 12-16
September 2012 di Convention Center Jakarta.
Selain
itu kolaborasi-kolaborasi event
international akan segera diperbanyak guna menyedot perhatian desainer maupun
pebisnis luar negeri. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mempertajam posisi
Indonesia sebagai pusat inovasi dan layanan industry gaya hidup muslim dunia
pada tahun 2025.
Pandangan
itu diyakinkan oleh Asosiasi Perancang Pengusaha Model Indonesia (APPMI). Mereka
membuat dan merancang kampanye industry fashion muslim mulai tahun 2015 dengan
tarjet menembus pasar ASEAN, tahun 2020 menembus pasar ASIA dan tahun 2025
menembus pasar Dunia.
Mimpi
Indonesia sebagai kiblat fashion dunia semakin terang karena mendapat dukungan
oleh Kementerian Perindustrian dengan memberikan dana sokongan 1-2 milyar untuk
kegiatan bazar maupun pemasaran keluar negeri.
Peran Media
Massa
Media
menjadi sosok yang paling penting dalam perkembangan bisnis hari ini, karena
dari media tersebut orang mencari, mengamati dan akhirnya membeli produk yang
kita tawarkan. Pun dengan mimpi Indonesia menjadi kiblat fashion muslim dunia.
Para pegiat fashion muslim harus peka terhadap media dan seseringkali
menggadeng media dalam setiap pemeran fashion.
Media massa dipahami tidak hanya Koran, radio maupun telivisi. Internet justru menjadi media massa paling efektif dalam mendongkrat perkembangan fashion. Media sosial seperti facebook, twitter dan youtube adalah sederet media yang pas guna mempromosikan perkembangan fashion di tanah air. Sebab, lewat media sosial dan website itulah dunia luar mulai mengenal produk kita. Ingat media massa hari ini adalah raja.
Tag :
lifestyle
1 Komentar untuk "Indonesia, Kiblat Fashion Muslim Dunia"
wah fashion muslimah semakin berkembang ya, mau coba bisnis di bidang fashion ? coba klik di sini untuk permasalahan modalnya.