Indonesia, Kiblat Fashion Muslim Dunia




Hijab  hari ini tidak hanya sekedar menutup aurat, lebih dari itu, hijab juga menjadi penyempurna kecantikan muslimah yang mengenakannya. Hijab tidak hanya busana muslimah tapi sudah menjadi kebutuhan untuk tampil ke publik. Mereka mulai berkreasi menampilkan gaya hijab secara kreatif, beda, trendy dan tentunya tetap syar’i.

Belum lama ini, Indonesia Fashion Week (IFW) 2015 digelar selama empat hari. Sebuah ajang pameran dan peragaan busana terbaru dan menarik.  Para pengunjung separuh lebih mengenakan hijab dengan gaya yang beragam. Mulai dari kaftan yang bernuansa timur tengah hingga maskulin andogrini. Mulai dari warna yang berwana-wari sampai monokrom teduh. (Kompas. 8/3/2015).

Dalam perhelatan mode IFW 2015 mode hijab menjadi fokus arus utama. Zona pameran menempatkan gerai khusus busana muslim mencakup 160 gerai, itu sepadan dengan sepertiga dari total gerai yang disediakan. Ini membuktikan bahwa perkembangan fashion muslim mulai beranjak naik dan semakin diminati.

Beberapa tahun terakhir, muncul desainer-desainer muda busana muslim kreatif. Mereka membuktikan kemampuannya untuk mengekplorasi variasi gaya berhijab. Menggabungkan antara yang klasik dengan sesuatu yang trendy hari ini. 

Saat ini Indonesia tercatat sebagai Negara dengan perkembangan fashion muslim yang cukup besar. Banyak hijabers muda yang berprestasi dikancah internasional, sehingga mereka dengan sendirinya turut andil menginspirasi muslimah dunia, baik tentang mode berhijab maupun cara membawakannya.

Kiblat Fashion Muslim Dunia
Hasil mesin pencarian google.co.id pada 10 Maret 2014 menemukan 120.980 viwer dengan kata kunci model baju muslim. Angka itu menunjukkan bahwa fashion muslim hari ini sedang diburu dan diminati. Bahkan sejak tahun 2012 Indonesia sudah mulai mendedikasikan diri sebagai kiblat fashion muslim dunia. Terbukti dengan pagelaran-pagelaran maupun seminar yang digalakkan. Contoh saja, ajang The World Muslimah Beauty 2012 & The 3rd Muslim World BIZ 12-16 September 2012 di Convention Center Jakarta.

Selain itu kolaborasi-kolaborasi event international akan segera diperbanyak  guna menyedot perhatian desainer maupun pebisnis luar negeri. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mempertajam posisi Indonesia sebagai pusat inovasi dan layanan industry gaya hidup muslim dunia pada tahun 2025.

Pandangan itu diyakinkan oleh Asosiasi Perancang Pengusaha Model Indonesia (APPMI). Mereka membuat dan merancang kampanye industry fashion muslim mulai tahun 2015 dengan tarjet menembus pasar ASEAN, tahun 2020 menembus pasar ASIA dan tahun 2025 menembus pasar Dunia.

Mimpi Indonesia sebagai kiblat fashion dunia semakin terang karena mendapat dukungan oleh Kementerian Perindustrian dengan memberikan dana sokongan 1-2 milyar untuk kegiatan bazar maupun pemasaran keluar negeri.

Peran Media Massa
Media menjadi sosok yang paling penting dalam perkembangan bisnis hari ini, karena dari media tersebut orang mencari, mengamati dan akhirnya membeli produk yang kita tawarkan. Pun dengan mimpi Indonesia menjadi kiblat fashion muslim dunia. Para pegiat fashion muslim harus peka terhadap media dan seseringkali menggadeng media dalam setiap pemeran fashion.

Media massa dipahami tidak hanya Koran, radio maupun telivisi. Internet justru menjadi media massa paling efektif dalam mendongkrat perkembangan fashion. Media sosial seperti facebook, twitter dan youtube adalah sederet media yang pas guna mempromosikan perkembangan fashion di tanah air. Sebab, lewat media sosial dan website itulah dunia luar mulai mengenal produk kita. Ingat media massa hari ini adalah raja.
Tag : lifestyle
1 Komentar untuk "Indonesia, Kiblat Fashion Muslim Dunia"

wah fashion muslimah semakin berkembang ya, mau coba bisnis di bidang fashion ? coba klik di sini untuk permasalahan modalnya.

Back To Top