Mengapa Bisnis Kecil Anda Selalu Gagal? Ini penyebabnya

Bagi pengusaha pemula yang baru menjalankan bisnis (usaha) harus benar-benar fokus kepada bisnisnya supaya bisa bertahan lama. Banyak bisnis kecil atau usaha kecil menengah (UKM) yang tidak pernah bisa bertahan sampai lima tahun. Seorang guru bisnis kecil yang mendunia, Michael E Gerber dalam buku bestseller-nya, The E-Myth Revisited (2011), mengatakan bahwa pada umumnya 80% usaha/bisnis baru mengalami kebangkrutan dan gulung tikar pada tahun pertama. Dari sisa 20% yang mampu bertahan, 80% nya tutup di empat tahun pertama.



Praktis hanya 4% saja usaha/bisnis baru yang mampu bertahan hingga tahu kelima. Jadi jika ada 100 usaha/bisnis baru tahun ini maka di tahun kelima, hanya akan tersisa 4 usaha/bisnis saja. Dari temuan Gerber ini kita bisa melihat bahwa roda usaha/bisnis tidak bisa berjalan atau menggelinding begitu saja. Apalagi untuk usaha/bisnis kecil seperti UKM masih kesulitan mendapat akses pinjaman modal ke bank. Karena itulah mengapa para pengusaha pemula harus tahu apa yang menjadi penyebab usaha/bisnis kecil mereka sering gagal.

1.        Merasa ingin melakukan semuanya sendirian
Inilah yang sering terjadi di kalangan pengusaha muda. Padahal, perasaan super dan ingin melakukan segalnya sendirian akan mengakibatkan overburden (kelebihan beban). Dalam menjalankan usaha sekecil apapun, semua orang harus melakukan tugas sesuai dengan keahliannya masing-masing. Pada awalnya boleh mengerjakan sendirian, tapi ketika sudah mulai kerepotan, jangan segan-segan mencari bantuan atau karyawan yang cocok.

2.        Beranggapan Sebuah Produk Bisa Terjual Dengan Sendirinya
Seperti uraian di awal, roda bisnis tidak bisa berjalan menggelinding begitu saja. Tidak ada kehidupan di dunia ini yang pasti. Semua bisa terjadi dengan penuh kemungkinan-kemungkinan. Sebaik apapun produk usaha/bisnis tersebut, tidak akan terjual tanpa ada orang yang tahu. Karena itu, bangunlah sebuah basis pelanggan (konsumen/pasar) yang mengerti akan usaha/bisnis anda.

3.        Tidak Mengerti Cara Menyusun Laporan Keuangan
Menjadi pengusaha tidak cukup hanya mengerti akan dunia bisnisnya. Seorang pengusaha juga harus mengerti tentang kondisi kesehatan keuangan perusahannya. Sebab, semua keputusan bisnis yang akan diambil selalu berhubungan dengan arus kas keuangan usaha dan target laba di akhir tahun. Ketidakmengertian tentang keuangan, terlebih tentang cara menyusun laporan keuangan yang baik akan menyebabkan bisnis mengalami kegagalan.

4.        Menyepelekan Hal yang Sebenarnya Bisa Menguntungkan
Ketika sebuah bisnis tidak berjalan dengan baik, biasanya pengusaha langsung membuat produk baru demi menggenjot penjualan. Hal ini tidak salah, karena bisa menambah omzet yang sudah mulai lesu. Namun, hal itu tidak akan bertahan lama dan melelahkan, karena tidak berapa lama harus mencari produk baru lagi demi menggenjot laba. Padahal, bisnis yang baik itu adalah bisnis yang fokus ke satu atau beberapa produk saja.

5.        Memulai Usaha Dengan Modal Minim

Menjalankan bisnis/usaha kecil yang baru memberikan banyak tantangan yang tidak bisa diprediksi sebelumnya. Itulah mengapa alangkah baiknya jika anda punya akses modal yang cukup. Karena dalam beberapa tahun pertama usaha/bisnis seperti ini membutuhkan perhatian dan dana cadangan yang cukup banyak.
Tag : bisnis
2 Komentar untuk "Mengapa Bisnis Kecil Anda Selalu Gagal? Ini penyebabnya"

Assalamualaikum wrb,perkenalkan saya Sinta dari Padang saya pengusaha properti,saya ngin berbagi pengalaman kepada teman2 semua,dulu saya hanya penjual jamu keliling,hidup susah penghasilanpun hanya bisa untuk makan,saya punya anak tiga suami tinggalkan saya pada saat kelahiran anak saya yang ke 3.putus asa sempat terlintas dipikiran saya,tapi saya harus berjuang demi anak2 saya,tidak sengaja saya buka internet dan saya lihat no ki agenk bondowoso,saya coba telpon beliau,saya dikasi solusi tapi saya ragu untuk menjalankannya tapi saya coba beranikan diri mengikuti saran beliau syukur alhamdulillah sekarang saya bisa sukses seperti ini usaha properti saya terbilang sukses,sekarang semua anak2 saya sekolah dan sudah ada yang sarjana,terimah kasih saya ucapkan pada ki agenk bondowoso berkat anda saya bisa seperti ini,khusus untuk room ini terima kasih karna saya bisa berbagi pengalaman,untuk teman2 yang mau seperti saya atau yang sedang dalam kesusahan khususnya yang terlilit hutang banyak silahkan hub ki agenk bondowoso di nmr 082348727567 insya Allah dikasi solusi,ini pengalaman saya nyata dan tidak ada karangan apapun sumpah atas nama Allah,salam persaudaraan,WAssalam

,KISAH NYATA ,
Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini,
sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa,
mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya,
akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta ,
saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma,
istri saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk,
demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya,
Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya stelah bergabung dengan KI WONGSO hidupnya kembali sukses,
awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya,
saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI WONGSO di No +62852-9958-5055.
Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya,
akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
kini saya kembali sukses terimaksih KI WONGSO saya tidak akan melupakan jasa AKI. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT,
YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH SILAHKAN HUB KI WONGSO DI +62852-9958-5055. (TANPA TUMBAL/AMAN).

Back To Top