Sebelum Membuat Tagline, Ketahuilah Beberapa Hal Ini


Hampir setiap brand suatu produk atau lembaga memiliki tagline (slogan) agar mudah dikenali oleh masyarakat. Tagline merupakan slogan atau frasa yang dibikin dalam bentuk visual maupun verbal, menjelaskan betapa pentingnya manfaat dari produk tertentu bagi masyarakat. Selain menjelaskan, tagline  juga sebagai kalimat pengingat pada brand atau produk yang ditawarkan.


Pernah dengar kalimat “Ideas for Life” atau “I’m lovin it”, iya itu adalah kalimat tagline. Ingatan kamu terhadap kalimat pertama mengigatkan pada brand  Panasonic dan yang kedua pada MC Donalds, iya bukan. Meski kedua kalimat itu terdengan ringan dan sederhana, tapi ternyata ketika kamu membuat tagline ternyata sulit-sulit sedap. Artinya meski terlihat mudah tapi ketika praktiknya ternyata sulit juga.

Nah, bagi kamu yang ingin membuat tagline atau slogan dan kesusahan, maka tidak ada salahnya memperhatikan beberapa hal berikut ini, agar bisa menuntunmu membuat tagline lebih mudah.

Cara Membuat Tagline

Untuk membuat tagline yang sempurna, terlebih dahulu kamu harus memikirkan bidikan masyarakat yang akan dituju terlebih dahulu. Siapa sajakah mereka? Pelanggankah, temankah, atau masyarakat umumnya. Kepada mereka kamu ingin dikenal sebagai apa. Sehingga dibutuhkan sebuah tagline yang ringkas dan kuat dapat mengkomunikasikan pesan kepada masyarakat secara efektif.

Tagline biasanya tidak datang begitu saja, tapi terkadang kamu perlu mendapatkan beberapa ide yang sempat terlintas dalam benak kamu dan mengendapkannya. Kemudian kamu harus menuliskan beberapa ide itu dan “bermain” dengan ide-ide tersebut dikepala selama seminggu atau lebih.

Langkah selanjutnya adalah brainstorming. Brainstorming adalah cara lain untuk menghasilkan ide-de kreatif yang baru. Kamu bisa cari inspirasi lewat perenungan dikamar mandi atau ngobrol sama teman, saudara atau bahkan keluarga. Jangan gara-gara tagline dirimu menjadi frustasi. Ingat semakin besar perjuanganmu menemukan tagline, maka hasilnya pun akan memuaskan. Sebab, setiap orang dapat membuat tagline hebat, dibutuhkan adalah perenungan yang mendalam.

Perbanyak Referensi Dari Tagline Perusahaan Yang Sudah Ada

Kita bisa mencuri tagline perusahaan yang sudah ada, semisal produk yang akan kita jual ternyata sudah ada sebelumnya. Maka kamu mempelajari tangline tersebut, lantas kamu membuat tagline yang berbeda. Ini syah, asal ingat Amati, Tiru dan Modifikasi.

Apakah tagline yang kamu inginkan itu berbentuk serius, lucu, atau aneh? Ini penting untuk menyesuaikan gambaran secara singkat produk yang akan kamu jual atau lembaga yang sedang kamu rintis. Karena tagline  yang ideal adalah tagline yang bisa menggambarkan brand yang kamu tawarkan. Sehingga penting mengetahui latar belakang brand itu, lantas sesuaikan tagline yang akan kamu buat. Sebab, akan lucu jika tagline tidak mencerminkan tentang objek yang ditawarkan.

Sehingga kekayaan informasi tentang tagline yang kamu miliki akan membuatmu lebih mudah dalam menggali ide-ide baru. Inilah beberapa perusahan international yang memiliki tagline luar biasa. Mudah diingat dan berkarakter.

    LG – “Life’s Good”
    Apple – “Think Different”
    Harley Davidson – “American by birth Rebel by Choice”
    Lego – “Play On”
    Panasonic – “Ideas for Life”
    Reebok – “I am what I am”
    Walmart – “Save Money, Live better”
    Red Cross – “The greatest tragedy is Indifference”
    Fortune Magazine – “For the men in charge of change”
    McDonalds – “I’m lovin it”
    Levi – “Quality never goes out of style”
    Nike – “Just Do It”
    Nokia – “Connecting People”
    Sony – “Make Believe”
    Kentucky Fried Chicken – “Finger Lickin good”
    Electronic Art – “Challenge Everything”
    Olympus – “Your Vision. Our Future”
    Burger King – “Have it Your way”
    Visa – “Its Everywhere you want to be”
    Coca-Cola – “Twist Cap to Refreshment”
    Jaguar – “Grace, space, pace”
    Diesel Jeans – “Be Stupid”
    Ebay – “Buy it. Sell it. Love it”
    Energizer – “Keeps going and going and going”
    L’Oreal – “Because you’re worth it”
    Nikon – “At the Heart of the image”
    Google – “Don’t be Evil”
    3M – “Innovation”
    Canon – “See what we mean”
    Volkswagen – “Think Small”
    Fedex – “When there is no tomorrow”
    IBM – “Solutions for a small planet”
    Disneyland – “The happiest place on earth”
    Adidas – “Impossible is Nothing”
    AT&T – “Reach Out and Touch Someone”

Demikian beberapa tagline menarik dan kreatif dari beberapa perusahaan terkemuka dunia. Tagline ini telah mendarah daging dihati masyarakat, bahkan tagline tersebut menjadi misi bagi sebuah perusahaan dalam mengembangkan usahanya.

Nah bagaimana dengan kamu? Apakah kamu juga ingin membuat tagline terhadap usahamu? Maka tak ada salahnya jika kamu mencermati beberapa tagline yang sudah ada lantas gali ide baru yang sesuai dengan usaha kamu. Selamat mencoba.


Tag : tekno
0 Komentar untuk "Sebelum Membuat Tagline, Ketahuilah Beberapa Hal Ini"

Back To Top