Hampir
setiap brand suatu produk atau
lembaga memiliki tagline (slogan) agar mudah dikenali oleh masyarakat. Tagline merupakan slogan atau frasa yang dibikin dalam bentuk
visual maupun verbal, menjelaskan betapa pentingnya manfaat dari
produk tertentu bagi masyarakat. Selain menjelaskan, tagline juga sebagai kalimat
pengingat pada brand atau produk yang
ditawarkan.
Pernah
dengar kalimat “Ideas for Life” atau “I’m lovin it”, iya itu adalah kalimat tagline. Ingatan kamu terhadap kalimat pertama mengigatkan pada
brand Panasonic dan yang kedua pada
MC Donalds, iya bukan. Meski kedua kalimat itu terdengan ringan dan sederhana, tapi ternyata ketika kamu
membuat tagline ternyata sulit-sulit sedap. Artinya meski terlihat
mudah tapi ketika praktiknya ternyata sulit juga.
Nah,
bagi kamu yang ingin membuat tagline
atau slogan dan kesusahan,
maka tidak ada salahnya memperhatikan beberapa
hal berikut ini, agar bisa menuntunmu membuat tagline lebih
mudah.
Cara Membuat Tagline
Untuk
membuat tagline yang sempurna,
terlebih dahulu kamu harus memikirkan bidikan masyarakat yang akan dituju
terlebih dahulu. Siapa sajakah mereka? Pelanggankah, temankah, atau masyarakat umumnya. Kepada mereka kamu ingin dikenal sebagai apa. Sehingga dibutuhkan
sebuah tagline
yang ringkas dan kuat dapat mengkomunikasikan
pesan kepada masyarakat secara efektif.
Tagline biasanya
tidak datang begitu saja, tapi terkadang kamu perlu mendapatkan beberapa ide
yang sempat terlintas dalam benak kamu dan mengendapkannya.
Kemudian kamu harus menuliskan beberapa ide itu dan “bermain” dengan ide-ide
tersebut dikepala selama seminggu atau lebih.
Langkah
selanjutnya adalah brainstorming. Brainstorming adalah cara lain untuk menghasilkan ide-de
kreatif yang baru. Kamu bisa cari inspirasi lewat perenungan dikamar mandi atau
ngobrol sama teman, saudara atau bahkan keluarga. Jangan gara-gara tagline dirimu menjadi frustasi. Ingat semakin besar perjuanganmu menemukan tagline, maka hasilnya pun akan memuaskan. Sebab, setiap orang
dapat membuat tagline hebat, dibutuhkan
adalah perenungan yang
mendalam.
Perbanyak Referensi Dari Tagline Perusahaan
Yang Sudah Ada
Kita bisa mencuri tagline perusahaan yang sudah ada, semisal produk
yang akan kita jual ternyata sudah ada sebelumnya. Maka kamu mempelajari
tangline tersebut, lantas kamu membuat
tagline yang berbeda. Ini syah, asal ingat Amati, Tiru dan Modifikasi.
Apakah tagline yang kamu inginkan itu berbentuk
serius, lucu, atau aneh? Ini penting untuk menyesuaikan gambaran
secara singkat produk yang akan kamu jual atau lembaga yang sedang kamu rintis.
Karena tagline yang ideal adalah tagline yang bisa
menggambarkan brand yang kamu tawarkan. Sehingga penting mengetahui latar belakang brand itu, lantas sesuaikan tagline yang akan kamu buat.
Sebab, akan lucu jika tagline tidak mencerminkan tentang objek yang ditawarkan.
Sehingga
kekayaan informasi tentang tagline yang
kamu miliki akan membuatmu lebih mudah dalam menggali
ide-ide baru. Inilah beberapa perusahan international yang memiliki tagline
luar biasa. Mudah diingat dan berkarakter.
LG – “Life’s Good”
Apple – “Think Different”
Harley Davidson – “American by birth Rebel
by Choice”
Lego – “Play On”
Panasonic – “Ideas for Life”
Reebok – “I am what I am”
Walmart – “Save Money, Live better”
Red Cross – “The greatest tragedy is
Indifference”
Fortune Magazine – “For the men in charge
of change”
McDonalds – “I’m lovin it”
Levi – “Quality never goes out of style”
Nike – “Just Do It”
Nokia – “Connecting People”
Sony – “Make Believe”
Kentucky Fried Chicken – “Finger Lickin
good”
Electronic Art – “Challenge Everything”
Olympus – “Your Vision. Our Future”
Burger King – “Have it Your way”
Visa – “Its Everywhere you want to be”
Coca-Cola – “Twist Cap to Refreshment”
Jaguar – “Grace, space, pace”
Diesel Jeans – “Be Stupid”
Ebay – “Buy it. Sell it. Love it”
Energizer – “Keeps going and going and
going”
L’Oreal – “Because you’re worth it”
Nikon – “At the Heart of the image”
Google – “Don’t be Evil”
3M – “Innovation”
Canon – “See what we mean”
Volkswagen – “Think Small”
Fedex – “When there is no tomorrow”
IBM – “Solutions for a small planet”
Disneyland – “The happiest place on earth”
Adidas – “Impossible is Nothing”
AT&T – “Reach Out and Touch Someone”
Demikian
beberapa tagline menarik dan kreatif dari beberapa perusahaan terkemuka dunia.
Tagline ini telah mendarah daging dihati masyarakat, bahkan tagline tersebut
menjadi misi bagi sebuah perusahaan dalam mengembangkan usahanya.
Nah
bagaimana dengan kamu? Apakah kamu juga ingin membuat tagline terhadap usahamu? Maka tak ada salahnya jika kamu mencermati beberapa tagline yang sudah ada lantas gali ide baru yang sesuai dengan usaha
kamu. Selamat mencoba.
Tag :
tekno
0 Komentar untuk "Sebelum Membuat Tagline, Ketahuilah Beberapa Hal Ini"